Belajar Bahasa 1

Bahasa merupakan salah satu bagian dari hidup manusia, tanpa bahasa manusia tidak akan pernah bias berinteraksi dengan sesame. Bahkan dengan bahasa terkadang manusia mampu menerjemahkan apa yang di ungkapkan oleh mahluk lain. Sebegitu penting peran bahasa dalam kehidupan manusia sehingga manusia sering disebut sebagai homo symbolism (mahluk pencipta symbol).
Dalam tataran yang lebih tinggi bahasa menjadi symbol perantara dalam komunikasi vertical antara manusia dengan Tuhannya. Tuhan menggunakan bahasa sebagai sarana untuk memberikan kesepahaman terhadap wahyu yang ia berikan kepada manusia.
Dalam teori kebahasaan, ada beberapa teori yang menjelaskan tentang asal muasal lahirnya bahasa antara lain :
1. Bahasa berasal dari tuhan
Tuhan pencipta segala sesuatu di dunia, tak terkecuali bahasa. Dalam teori ini bahasa merupakan alat yang diciptakan oleh Tuhan, manusia mengenal bahasa yang beraneka ragam setelah Tuhan menciptakan untuknya. Dalam studi islam, beberapa kelompok sering menggunakan dalil sebagai berikut :
“ Wa alama allah adam al asma ……”
Dan Tuhan telah mengajarkan berbagai nama kepada Adam.
2. Bahasa berasal dari suara alam
Suara-suara alam yang sering kita dengar sehari hari menginfirasikan lahirnya teori ini. Para ahli mnejelaskan bahwa bahasa yang digunakan oleh manusia merupakan tiruan dari bunyi-bunyi alam. Manusia menggunakannya sebagai ekspresi tertentu yang dapat difahami oleh sesamanya.
3. Bahasa lahir secara alami
Teori ini mendasarkan pada asumsi bahwa bahasa lahir dengan sendirinya alias bawaan manusia, manusia menggunakan bahasa mutlak bawaan tanpa ada campur tangan unsure lain.
4. Bahasa lahir dari kesepakatan social
Manusia secara bersama-sama membuat kode-kode untuk saling mengingatkan diantara yang lain. Kode-kode itu sengaja diciptakan secara bersama sehingga masing-masing bias memahami dan menggunakannya. Kelompok masyarakat manusia menciptakannya berdasarkan kebutuhan mereka.
Dari penjelasan diatas, tentunya bahasa memiliki fungsi yang krusial dalam kehidupan manusia, secara singkat bahasa memiliki fungsi sebagai berikut :
• Fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi
• Fungsi bahasa sebagai alat ekspresi diri
• Fungsi bahasa sebagai identitas diri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s