NetBeans 6.0 IDE Siap Menyapa Konsumen

BELGIA – Sun Microsystems, Inc (NASDAQ: JAVA) dan komunitas NetBeans mengumumkan tersedianya NetBeans 6.0 Integrated Development Environment (IDE). NetBeans 6.0 IDE mengembangkan dukungan di luar Java melalui penyediaan serangkaian fitur untuk C/C++, JavaScript, dan Ruby language, termasuk Ruby on Rails yang akan meningkatkan produktivitas para pengembang dengan beragam bahasa dan penggunaan yang mudah.
gbr grk“Peluncuran versi 6.0 adalah titik puncak NetBeans di pasar IDE,” kata Jeet Kaul, Vice President of Developer Products and Programs di Sun, Kamis (27/12/2007).
Dikatakannya, ketika inovasi mendorong minat kalangan komunitas, kolaborasi dengan serta penggunaan oleh para pemain utama di industri akan meningkatkan adopsi. “Dan kita senang memiliki Ikivo AB, JasperSoft Corporation, Nokia Corporation, dan Wipro Technologies yang dapat bekerja dengan komunitas NetBeans,” terangnya.
NetBeans 6.0 menitikberatkan pada peningkatan code editor dengan adanya smarter code completion, occurrence highlighting, penamaan kembali serta peningkatan navigasi dan inspeksi; Generasi selanjutnya dari Swing GUI Builder (sebelumnya dikenal sebagai Project Matisse) dengan Swing Application Framework dan teknologi Beans Binding; Meningkatkan peralatan visual untuk mengembangkan aplikasi web, web services, aplikasi mobile, dan model-model UML; Fungsi edit//refactor/tes debug /deploy yang lengkap untuk pengembangan Ruby dan Ruby on Rails; Fungsi navigasi file yang baru bagi para pengembang C/C++ dengan debugger terintegrasi yang telah disempurnakan; Dukungan komprehensif untuk pengembangan Java Platform Enterprise Edition 5.
Fitur NetBeans 6.0 yang sebelumnya tersedia dari paket tambahan seperti paket Visual Web dan Enterprise, sekarang telah terintegrasi ke dalam NetBeans dan terdapat pada satu program instalasi. Program ini dapat dengan mudah di kustomisasi dan diinstal. Bersamaan dengan peluncuran NetBeans, Sun Java Studio Enterprise, dan Sun Java Studio Creator telah meluncurkan program migrasi untuk memungkinkan penggunanya untuk bermigrasi ke NetBeans dan menggunakan fungsi yang telah ditanamkan di sana.
“Sebagai yang terbesar dan terlama dalam menjalankan komunitas pengembang mobile dengan lebih dari 3,4 juta anggota, Forum Nokia secara berkelanjutan memfokuskan pada peralatan produktivitas terbaik untuk komunitas pengembang kami. Kami senang dapat mendukung NetBeans 6.0 sebagai alat produktivitas Mobile Information Device Profile (MIDP) 2 yang memungkinkan para pengembang untuk menghasilkan fitur terbaik dari JSR-248 di perangkat Nokia, yang sekaligus dapat memecahkan masalah bagi ratusan juta pemilik perangkat Nokia,” kata Lee Epting, Vice President, Forum Nokia, Nokia Corporation.
The NetBeans Partner Program mengakui kontribusi kemampuan para mitra bagi NetBeans secara keseluruhan serta usaha untuk menjadi salah satu komunitas pengembang piranti lunak terbesar dan unggul di dunia.
Kami sangat senang untuk bekerjasama dalam level strategis dengan Sun dan komunitas NetBeans, untuk membantu memberikan media content yang lebih kaya khususnya kepada para pengembang mobile NetBeans serta kepada komunitas Java pada umumnya,” ujar Magnus Zetterberg, Vice President of Business Development, Ikivo.
Komunitas pengembang NetBeans sekarang dapat menerapkan fitur Scalable Vector Graphics untuk memfasilitasi pembuatan media content yang lebih luas di platform Java ME.
Komunitas NetBeans juga telah terpilih sebagai bagian dari program Sun, Open Source Community Innovation Awards. Diumumkan minggu kemarin, program yang dijalankan beberapa tahun ini diadakan untuk mengumpulkan inovasi dan mengetahui komunitas open source yang aktif di Sun. Sebanyak enam komunitas telah dipilih untuk program pada tahun pertama: GlassFish, NetBeans, OpenJDK, OpenOffice.org, OpenSolaris, dan OpenSPARC. Hadiah yang diberikan bernilai total kurang lebih US$1 juta setahun.
Mulai Januari 2008, enam komunitas open source akan mengumumkan detil informasi dari masing-masing program. Setiap komunitas akan memiliki aturan dan kriteria penilaian. Hadiah pemenang akan diumumkan pada bulan Agustus 2008. (mbs)

Sumber : Okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s