Ngajar komputer harus S.Kom dong!!!

catatan blacklist 4

tulisan ini berawal dari pengalaman penulis. ceritanya begini, pada suatu hari penulis mendaftar disebuah sekolah, dengan ijazah bergelar S.Pd.I (sarjana pendidikan bahasa Arab). orientasi penulis adalah mengajar sesuai dengan fak-nya dalam hal ini adalah bahasa arab. hanya saja penulis punya pengalaman sedikit di bidang komputer dimana 2 tahun penulis bekerja di sebuah toko komputer di Purwokerto, 2 berjalan mengajar komputer dan jaringan di SMK Darul Falah dan SMK Muhammadiyah Bantarkawung, selama kuliah penulis menjadi penunggu rental dan beberapa seminar komputer khususnya linux dan open source pernah diikuti.

maka bagi penulis sendiri mencoba memberanikan diri untuk mendaftar mengajar dibidang komputer, saat job untuk guru bahasa arab sudah penuh.alhasil lamaran hanya ditumpuk. tentunya ini bukan salah sekolah yang bersangkutan, ini adalah hukum umum.

tentunya mengajar ya harus sesuai dengan ijasahnya, jangan melenceng. keahlian nomer sekian. yang penting ijasah sesuai, walaupun keahlian cetek alias gokil.

yang jadi masalah adalah banyak sekali sarjana ini itu, tapi cuma ijasahnya doang, ilmunya nol kabir bahkan akbar. penulis banyak menemui hal ini. tapi sekali lagi ini adalah negara formalitas, jadi yang diutamakan adalah formalitasnya dulu (ijasahny dulu) perkara keahliannya nol, itu urusan belakang yang penting ijasah sesuai.

ujungnya adalah mengajar sekenanya, sehingga kemudian menghasilkan lulusan yang sekenanya juga. asal lulus saja. perkara ahli atau tidak nomer sekian, yang penting lulus dapat ijasah sudah.

ini sudah realita umum, banyak alumnus yang idak bermutu berkluyuran, tapi sekali lagi tak apa-apa lah, ini kan negara formal, jadi cukup ijasahnya aja sudah.

kesimpulannya adalah formalitas nomer 1 dan skill nomer sekian yang jelas bukan 1 artinya apa? bahwa untuk mengajar anda harus punya ijasah yang sesuai dengan fak-nya, seberapa pun anda hebat dalam suatu bidang misal komputer, tetapi ijasah anada tidak sesuai maka jangan harap akan bisa masuk, kecuali menjadi tenaga sementara alias ketika yang sesuai sudah ada anda siap-siap saja di geser alias habis manis sepah dibuang. sepanjang perjalanan penulis dibeberapa sekolah belum pernah menemukan sekolah yang menghargai keahlian sebagai point utama. yang dihargai utama adalah gelar, meskipun skillnya badut alias nol besar.

Iklan

One thought on “Ngajar komputer harus S.Kom dong!!!

  1. yach udaH bPa yang sbar z ych… mga kpn2 bpa bZa di trima saat melamar cwe yg cntik.hehe… mksud sya melamar k skul… pokok’y truz semangat n berjuang yach pa… good luck..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s