Makna Kata “Iqra”

Salut ,itulah kata yang sempat aku ucapkan ketika mendapti banyak sahabat-sahabat kita yang semangat belajar. ketika Ikut-ikutan masuk di Pasca Sarjana Magister Manajeman Unsoed, beberapa kawan yang sudah lanjut usia masih semangat belajar. ini artinya mereka menyadari bahwa menuntut ilmu tidak dibatasi oleh usia atau ruang saja.

Lepas dari konteks diatas, Islam adalah agama yang begitu arif, diturunkan untuk semua manusia tanpa memandang asal-muasal suku bangsa dan warna kulitnya. ayat yang pertama turun adalah surat Al Alaq, yang mengajarkan kepada kita untuk membaca,membaca dan membaca.

Membaca disni bukan hanya terikat oleh sebuah buku saja,akan tetapi mengacu kepada makna yang lebih luas. ini adalah perintah agar kita setiap saat belajar,belajar dan belajar dimana dengan belajar maka kita akan sehat dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Maka tidak aneh jika “Belajar adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah” sekalipun ia harus sampai kenegeri yang paling jauh, dalam hadits di gambarkan walau sampai kenegeri cina sekalipun. kenapa cina karena jaraknya yang jauh dari negeri arab.

Merenungi ini semua maka sudah sepantasnyalah agar kita sebagai manusia muslim tidak pernah berhenti untuk belajar, sebab belajar akan mengantarkan kita pada kesuksesan dunia dan ahirat.

ahir kata ” Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kau akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan kau akan mati besok” segalanya indah bila kita punya ilmunya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s