Distro Linux nyaman buat Notebook

Foto1273

beberapa distro ini enak banget diisi buat notebook ente

1. Eeebuntu

distro ringan berbasis Ubuntu,cobain dech kesegarannya.

2. Ubuntu Remix

distro dengan dekstop yang indah, berbasis ubuntu .dulu sempat aku pake di netbook Relion, awet banget. versi 9.

3. Mandriva

mandriva adalah distro cantik yang pertama aku kenal, dulu bernama Mandrake, sempat menikmati saat di SMK Muhammadiyah bantarkawung, waktu   itu versi 9.

4. Puppy Linux

 

5. OpenSuSE 11

 

6. gOS Cloud

 

7. PC Linux

PC Linux merupakan distro buatan Amerika Serikat, lumayan enak dipakai, aku pake di acer aspire one happy. lumayan cepet gerakannya.basisnya .rpm hanya saja pada instalasi software menggunakan Synaptic Package Manager persis kaya di keluarga Debian. sepertinya ada semacam niat untuk menggabungkan dua distro besar. rpm dan .deb.

8. Slax

Distro kecil ini berbasis Slackware yang merupakan distro tertua di dunia ini. distro yang benar-benar ringan. kalau keluarga Slackware gue percaya dech. 100 % gak pake caus. sebagaimana Zencafe dan Zenwalk yang begt ringn aku pakai di PC Jadul arsitektur i386 P3 550Mhz.

9. Debian

kalau yang ini distro emang mantep banget, secara langsung belum pernah aku pake akan tetapi turunannya seperti Ubuntu,BlankOn dan Backtrak sudah ku nikmati. mantap abis pokoke.

10. Fedora

Fedora merupakan distro berbasis rpm turunan dari Red Hat yang udah komersil. bagus juga sempat aku pake turunannya saja yang dimodif oleh IGOS …waktu itu aku pake Nusantara .

11. BlankOn Linux

yang ini juga gak kalah ne, besutan YLPI dan kawan-kawan lainnya muantap.sampai ini detik aku masih menikmatinya. sempat singgah seminar di SMA N 1 Bantarkawung.

 

 

Tinggalkan Balasan

